Wisata ke Rumah Keramik F Widayanto

Wisata ke Rumah Keramik F Widayanto





Senin 2 Juli 2019, Anak-anak dari Panti Asuhan Vita Dulcedo kali ini mendapat kesempatan untuk mengadakan kegiatan gathering yang dikemas dengan belajar membuat keramik di Rumah Keramik F. Widayanto.  Rumah Keramik ini berada di kawasan Tanah Baru Depok Jawa Barat dan sudah berdiri sejak tahun 1997. F Widayanto memperkenalkan seni keramik kepada masyarakat melalui karya seninya. Siapa saja boleh datang berkunjung. Area Rumah Keramik tampak asri dengan udara yang sejuk. “Sungguh…, kesan pertama begitu menggoda”, itulah ungkapan spontan dari anak-anak saat memasuki kawasan Rumah Keramik.




Perjalanan menuju Rumah Keramik memakan waktu sekitar 3 jam. Berangkat dari Komunitas Vita Dulcedo pukul 07.00 dan tiba di tempat pukul sekitar pukul 10.00.  Anak-anak begitu menikmati perjalanan, mereka bernyanyi dan bergembira bersama sehingga tidak terasa sudah tiba di tempat tujuan. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Restoran Joglo. Tempat ini menjadi tempat istirahat sejenak untuk menikmati snack ringan dan makan siang. Ruangan kaca dengan lantai tegel bermotif klasik memberi kesan akan suasana yang teduh dengan nuansa yang kaya akan seni. Ruangan ini juga dihiasi beberapa patung yang terbuat dari keramik. Setelah dari Restoran Joglo kami menuju Toko Seni, tempat di mana pengunjung boleh melihat beragam karya seni dari F Widayanto. Sungguh luarbiasa…!!!! Karya Allah melalui tangan Sang Seniman.







Setelah itu kami menuju rumah berlantai 2. Tampak ruang tamu, ruang tidur, ruang makan dan kamar mandi yang dilengkapi dengan ornament keramik. Sentuhan seninya membuat setiap pengunjung kagum dan terpesona. Rasanya ingin menyentuh setiap lukisan dan patung-patung yang dipajang di ruangan itu. Ingin rasanya tinggal lebih lama menikmati karya seni yang maha indah.







 Akhirnya kami sampai pada puncak kegiatan yakni membuat keramik. Ditemani oleh 2 karyawan, anak-anak dibimbing dan diajari untuk membuat keramik. Anak-anak diberi kebebasan untuk memilih motif yang akan dicetak. Tidak butuh waktu yang lama untuk mengajari mereka, dengan cepat dan telaten mereka membuat karya seni. Ada yang membuat salib, bunga, binatang-binatang, dan banyak jenis lainnya. Anak-anak happy, semua begitu antusias untuk berkreasi. Mereka adalah anak-anak yang luarbiasa.














Wisata ke Rumah Keramik disponsori oleh keluarga Pak Kuncoro dan bu Susi, bersama dengan Pak Suryanto dan bunda Angel. Ini adalah bentuk perhatian mereka kepada anak-anak sebagai hadiah kenaikan kelas. Bu Susi dalam kata sambutannya memberi apresiasi kepada anak-anak atas hasil kerja keras mereka dalam belajar. Beliau juga menghimbau supaya lebih rajin belajar agar ke depan mendapat nilai yang lebih baik. Akhir kata beliau juga mengingatkan supaya mereka menjadi anak-anak yang patuh.

Selain berkunjung ke Rumah Keramik, anak-anak juga diberi kesempatan untuk mencoba naik kereta LRT. Asyik.....  Terimakasih pak Kuncoro dan bu Susi serta pak Suryanto – Bunda Angel. Terimakasih atas kasihnya kepada kami Komunitas Vita Dulcedo. Semoga Tuhan membalas segala kebaikan bapak dan ibu…











































4 komentar :