Pesta Vincentius a Paulo ala Vita Dulcedo

Pesta Vincentius a Paulo ala Vita Dulcedo

 

                               

    Vincentius a Paulo adalah seorang kudus dan tokoh pembaharu Gereja Katolik. Lahir di Pouy, Dax Prancis Selatan tahun 1581 dan wafat tahun 1660. Vincentius sangat gigih menghadirkan dan mempromosikan sebuah “wajah baru” dalam Gereja Katolik, yakni Gereja yang memperhatikan, melayani, menyambut, membuka diri, merawat orang-orang sakit dan terlantar. Vincentius menjadi inspirator banyak tokoh di dalam Gereja Katolik, baik awam maupun imam, dan tarekat religius. Banyak orang tergerak untuk melanjutkan semangatnya untuk mewartakan kabar gembira kepada orang-orang miskin dan terlantar.

    Cara hidup Vincentius mengilhami Pastor Antonius Van Erp untuk mendirikan Kongregasi Zusters Van Liefde van Jesus en Maria Moeder van Goeden Bijstand Negeri Belanda (di Indonesia dikenal dengan Suster Kongregasi Kasih Yesus dan Maria Bunda Pertolongan yang Baik atau KYM). Pastor Antonius Van Erp adalah Imam berhaluan maju, seorang pengasuh jiwa yang modern bagi masanya. Beliau mendirikan Kongregasi dengan mengambil semangat St. Vincentius a Paulo. Inti semangat Vincentius adalah bahwa dalam hidup sehari-hari beliau menyatukan cinta kasih kepada Tuhan dan cinta kasih kepada sesama.

    Sebagai Vincentian (sebutan untuk para pengikut jejak semangat Vincentius), setiap tanggal 27 September dirayakan sebagai pesta St. Vincentius. Setiap kelompok ataupun komunitas punya cara tersendiri untuk mengungkapkan syukur dan kegembiraannya dalam pesta ini. Salah satunya Komunitas KYM Rosalia Bekasi bersama Panti Asuhan Putri Vita Dulcedo. Perayaan Pesta Vincentius kali ini dikemas dalam kreasi seni anak-anak Vita Dulcedo.

    Acara di adakan pada Minggu, 26 September 2021, Pukul 10.00 WIB. Di hadiri oleh Romo Harry, Pr , 24 orang anak Vita Dulcedo, 4 Orang Suster KYM, 2 orang karyawati, 12 orang volunteer, dan 4 orang undangan yang juga pemerhati Vita Dulcedo. Jumlah yang hadir dibatasi mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih belum kondusif. 

    Anak-anak dan semua yang hadir memancarkan kebahagiaan karena menyaksikan beberapa performance anak-anak Vita Dulcedo. Tidak hanya penampilan yang memukau, namun aksi kocak para Volunteer yang menganimasi acara juga membuat suasana lebih hidup. Rasanya waktu 2,5 jam berlalu tidak terasa. Puncak dari perayaan ini adalah makan siang bersama. Menu ala kadarnya menyempurnakan sukacita pesta.































Tidak ada komentar :

Posting Komentar